Kamis, 12 Desember 2013

Produk Souvenier

KAIN BATIK SASIRANGAN KALIMANTAN
 



                                                           
4 GAMBAR DI ATAS IALAH SEAMPLE MOTIF DAN WARNA KAIN BATIK SASIRANGAN BERBAHAN KATUN . . . UNTUK UKURAN KAMI MENJUAL DENGAN UKURAN 2 METER X 140 CM ... (DI JUAL DENGAN HARGA Rp.90.000,.)


   
4 GAMBAR DI ATAS IALAH SEAMPLE MOTIF DAN WARNA KAIN BATIK SASIRANGAN BERBAHAN SEMI SUTERA (SATIN) ... UNTUK UKURAN,. KAMI MENJUAL DENGAN UKURAN 2 METER X 140 CM ... (DI JUAL DENGAN HARGA Rp.95.000,.)

Proses Pembuatan Batik Sasirangan
Pertama menyirang kain, Kain dipotong secukupnya disesuaikan untuk keperluan pakaian wanita atau pria. Kemudian kain digambar dengan motif-motif kain adat, lantas disirang atau dijahit dengan tangan jarang-jarang/renggang mengikuti motif. Kain yang telah dijahit, ditarik benang jahitannya dengan tujuan untuk mengencangkan jahitannya, sehingga kain mengerut dengan rapat dan kain sudah siap untuk masuk proses selanjutnya.
Kedua penyiapan zat warna, Zat warna yang digunakan adalah zat warna untuk membatik. Semua zat warna yang untuk membatik dapat digunakan untuk pewarnaan kain sasirangan. Tapi zat warna yang sering  digunakan saat ini adalah zat warna naphtol dengan garamnya. Bahan lainnya sebagai pembantu adalah soda api (NaOH), TRO/Sepritus, air panas yang mendidih. Mula-mula zat warna diambil secukupnya, kemudian diencerkan/dibuat pasta dengan menambahkan TRO/Spirtus, lantas diaduk sampai semua larut/melarut. Setelah zat melarut semua, kemudian ditambahkan beberapa tetes soda api dan terakhir ditambahkan dengan air panas dan air dingin sesuai dengan keperluan. Larutan harus bening/jernih. Untuk melarutkan zat warna naphtol sudah dianggap selesai dan sudah dapat dipergunakan untuk mewarnai kain sasirangan.
Untuk membuat warna yang dikehendaki, maka zat warna naphtol harus ditimbulkan/dipeksasi dengan garamnya. Untuk melarutkan garamnya, diambil sesuai dengan keperluan kemudian ditambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk kuat-kuat sehingga zat melarut semua dan didapatkan larutan yang bening. Banyaknya larutan disesuaikan dengan keperluan. Kedua larutan yaitu naphtol dan garam sudah dapat dipergunakan untuk mewarnai kain sasirangan, yaitu dengan cara pertama-tama mengoleskan/menyapukan zat warna naphtol pada kain yang telah disirang yang kemudian disapukan lagi/dioleskan larutan garamnya sehingga akan timbul warna pada kain sasirangan yang sudah diolesi sesuai dengan warna yang diinginkan. Setelah seluruh kain diberi warna, kain dicuci bersih-bersih sampai air cucian tidak berwarna lagi.
Kain yang sudah bersih, kemudian dilepaskan jahitannya sehingga terlihat motif-motif bekas jahitan diantara warna-warna yang ada pada kain tersebut. Sampai disini proses pembuatan kain sasirangan telah selesai dan dijemur salanjutnya diseterika dan siap untuk dipasarkan.


KAOS KALIMANTAN (MOTIF KALIMANTAN/DAYAK)


KAOS KALIMANTAN DENGAN MOTIF KALIMANTAN/DAYAK/MANDAU... DENGAN UKURAN ALL SIZE BERBAHAN TIPIS (DI JUAL DENGAN HARGA Rp.45.000,.) DAN UKURAN L & XL BERBAHAN DESTRO (DI JUAL DENGAN HARGA Rp.95.000,.)











MANDAU KALIMANTAN (MANTAU HIASAN)

MANDAUKALIMANTAN/MANDAU HIASAN - MANDAU INI TERBUAT DARI BESI GER... MANDAU INI HANYA UNTUK PAJANGAN/HIASAN DI RUMAH ANDA,,, ADA DUA JENIS MANDAU YG KAMI JUAL,,, YAITU MANDAU ORIGINAL DAN STAINLES... DENGAN UKURAN PANJANG 160 CM . . . (DI JUAL DENGAN HARGA Rp.165.000)








SENDAL BANJARMASIN (borneo) KALIMANTAN


Sandal Borneo ini berbahan spon eva berkualitas. Dengan tulisan "BORNEO" dan gambar Pulau Kalimantan pada insole yang dibuat dengan sistem ceplok (cutting) sehingga awet dan anti luntur. Sandal ini telah menjadi salah satu icon oleh-oleh khas daerah Kalimantan Selatan. Berkunjung ke Banjarmasin dan sekitarnya belum lengkap kalau tidak membawa sandal ini sebagai oleh-oleh untuk orang tercinta.
Sendal borneo kalimantan tersedia dengan 2 jenis ,,, untuk pria ABG/DEWASA dengan ukuran 31 - 42...
(DI JUAL DENGAN HARGA Rp.30.000,.)
untuk wanita ANAK2 dengan ukuran 19 - 30 ... (DI JUAL DENGAN HARGA Rp.27.000,.)






KOPIAH ROTAN

KOPIAH ROTAN ... KOPIAH ASLI TERBUAT DARI KULIT ROTAN... HASIL DARI ANYAMAN TANGAN KHAS KALIMANTAN....WARNA ORIGINAL',...
(DI JUAL DENGAN HARGA Rp.15.000,... ) (HARGA BELUM TERMASUK ONGKIR YAA)

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN MASUKAN KOMENTAR ANDA DIBAWAH INI